Limapuluh Kota, ArchipelagoPost - Banyak orang yang menghindari buah ini karena rasa pahit yang ditimbulkan saat memakannya. Padahal segudang manfaat berjejer didalam buah ini.

Opss..! Kini jangan takut lagi pare yang dulu menakutkan kini  telah jadi makanan yang sangat dinikmati. Di tangan kreatif siswa-siswi kelas XII IPS 1 SMAN 1 kec. Harau buah pare kini telah mampu diolah menjadi makanan yang di gemari tanpa takut rasa pahit lagi.

Pada Expo Kewirausahaan yang di gelar di SMAN 1 Harau olahan pare ini sempat menarik perhatian para pengunjung. (20/11)

Setelah di cicipi kiranya memang tidak pahit sama sekali, rasanya kreyess di mulut cocok untuk cemilan ataupun teman makan nasi.

"Kami berharap dengan olahan ini maka pare bisa menjadi makanan favorit tanpa takut pahit lagi", ujar Ketua kelas Hafiz Mizwary, didampingi bendahara Melsy Al Irfan dan Sekretaris Putri Hendra Sari serta kawan kawan

Di dalam pare yang rendah kalori dan tinggi serat ini terdapat folat, zat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan, serta sejumlah kalium, seng, dan zat besi.

Berbagai macam penyakit, seperti gula darah tinggi dan kolesterol dapat lebih dikontrol dengan mengonsumsi pare.

Sayuran yang kerap mudah ditemui di jajanan pasar ini juga kaya akan vitamin C, mikronutrien penting yang terlibat dalam pencegahan penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka.

Senyawa antioksidan kuat yang ada pada pare pun dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Tak hanya vitamin C, pare juga dipercaya mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan penglihatan serta dapat memperbaiki kecantikan kulit. (Rstp)
 
Top