Limapuluh Kota,ArchipelagoPost - Pemuda Kenagarian Lubuak Batingkok mengadakan iven Festival Lagu Minang Luak Limopuluah yang diikuti puluhan peserta di se-antero Luak Limopuluah. Senin (14/1)

Bertempat di lapangan anak nagari jorong Lubuak Batingkok acara ini diresmikan oleh Wali Nagari Lubuak Batingkok didampingi ketua KAN Lubuak Batingkok Nurkhalis, S.Pt, Dt. Bijo Dirajo, ketua Karang Taruna Baranaga (Barisan Anak Nagari) Lubuak Batingkok Fikri Hidayat, S.Sos, dan kepala jorong Lubuak Batingkok A. Dt. Kondo serta Ketua Pemuda Himpala Egon Febri.

Wali Nagari Lubuak Batingkok Yon Elvi, S.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini murni bebas dari nuansa politik karena ini adalah momen kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Pemuda Pemudi Lubuak Batingkok (Himpala) dalam agenda tahunan sejak dulu.

Rudi Irawan selaku Ketua Pelaksana acara Festival Lagu Minang tingkat SLTA dan Umum se- Luak Limopuluah mengatakan bahwa iven festival kali ini  di laksanakan selama dua hari 14-15 Januari 2019 dengan 3 tujuan dalam rangka menumbuh kembangkan minat dan bakat generasi muda dalam bidang seni tarik suara. Melestarikan kebudayaan Minang yang bernuansa lagu Minang. Terakhir mempererat tali silaturahmi antar pelajar dan pemuda se-Luak Limopuluah.

"Kedepan kita akan mengadakan iven serupa tapi dengan skala yang lebih besar yaitu tingkat propinsi ataupun nasional".

"Alhamdulilah kita di sokong langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Limapuluh dibawah pimpinan ibu Hj. Idrawati, S.Pd, M.MPd dalam bentuk pemberian penghargaan kepada para juara dan peserta pada iven ini", ujar Rudi.

Menurut keterangan Ketua Keamanan Nagari Drs. Budiman (da Kaca) disampaikan bahwa rangkaian acara ini sudah mendapatkan legalitas izin keramaian dari aparat keamanan dalam hal ini Polsek Harau.

Terpisah kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Limapuluh Kota Hj. Idrawati, S.Pd, M.MPd mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung setiap kegiatan positif yang mengandung unsur pendidikan dan pengembangan bakat.

"Semoga iven ini akan melahirkan para anak muda berbakat dalam bidang seni suara terutama seni lagu Minang", ujar Indrawati. (RStp)

 
Top