Bukittinggi, ArchipelagoPost - Sebagai bentuk kewajiban anggota DPR RI dalam melaksanakan program di Komisi 9 DPR RI. Muhammad Iqbal, SE, M.Com menggelar acara Sosialisasi Pengendalian Rabies bagi masyarakat kota Bukittinggi.

Acara yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat ini mengambil lokasi di Aula STIKES Fort De Kock Bukittinggi.

Ratusan elemen masyarakat terdiri dari unsur kelurahan, PORBBI, mahasiswa serta unsur pelayanan kesehatan tampak antusias mengikuti materi yang disajikan. Jum'at (20/7).

Muhammad Iqbal mengatakan dengan mengikuti kegiatan sosialisasi ini semoga masyarakat bisa memahami tentang Rabies dan langkah awal penanganan Rabies serta cara mengatasi penularan rabies di lingkungan sekitar, khususnya Kota Bukittinggi

"Jangan biarkan anggota keluarga kita sembarangan mendekati hewan liar, apalagi hewan yang bisa menularkan virus rabies, karena virus rabies bisa menular tidak hanya lewat gigitan, tetapi juga lewat cakaran dan jilatan hewan tersebut pada luka di tubuh manusia," terangnya.

Senator RI ini mengatakan di Sumatera Barat banyak sekali masyarakat yang hobi berburu babi yang pastinya menggunakan anjing dan merupakan hewan yang berpotensi menularkan rabies.

"Untuk itu perlu pencegahan secara dini penyebaran virus Rabies bagi Hewan Pembawa Rabies (HPR) termasuk anjing, kucing, kera dengan melaksanakan vaksinasi berkala", ujar Iqbal.

Walikota Bukittinggi diwakili Asisten 1 Drs. Noferdi yang membuka kegiatan secara resmi memberikan apresiasi kepada Muhammad Iqbal.

"Ada banyak hal positif yang didapatkan dari kegiatan ini, disamping pengetahuan dan informasi tentang kesehatan hewan dan bahaya rabies serta pencegahannya.

Peserta yang datang dari utusan yang berbeda di kota Bukittingi,  ada dari PORBBI, tokoh masyarakat, serta mahasiswa bisa menambah silaturahmi dan persahabatan", pungkas Noferdi. (Fajar Sitepu)

 
Top