Duri Archipelagopost - Desa Pematang Obo kecamatan Bathin Solapan kabupaten Bengkalis melaksanakan kerja sama dengan Basmallah Fish Farm dalam bentuk Pelatihan Budidaya Ikan Terpadu. Wujud dari kerjasama tersebut di tuangkan dalam bentuk kegiatan pelatihan pembuatan kolam bioflok untuk ikan jenis lele. (10/4).


Seiring berkembangnya teknologi pertanian, khususnya pada sektor perikanan. Semakin hari semakin ditemukan teknologi terbaru. Seperti halnya dengan tehnik budidaya ikan lele bioflok. Teknologi bioflok ini adalah untuk mengurangi biaya pakan ikan (mengolah limbah ikan menjadi makanan ikan) dan mengurangi tingkat kematian ikan.

Kepala desa Pematang Obo, P. Sirait didampingi Sekdes Wahyudin mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan Terpadu ini adalah dalam upaya mengurangi angka pengangguran khususnya di desa Pematang Obo.

"Kita sangat mengapresiasi BFF yang mau membekali masyarakat kami di bidang perikanan, diharapkan nantinya masyarakat akan mampu dan mahir dalam budidaya ikan lele sehat, sehingga taraf ekonomi akan meningkat", ujar Sirait.

Sementara itu pimpinan Basmallah Fish Farm, Rinwiningsih yang biasa dipanggil Rini ketika di temui wartawan archipelagopost.com menerangkan bahwa kegiatan pembuatan kolam bioflok ini adalah untuk mengedukasi masyarakat dalam budidaya ikan,  dalam hal ini ikan lele yang sehat sesuai standar.

"Nantinya setelah pelatihan ini kita akan melakukan pendampingan serta menyediakan sarana dan prasarana perikanan sampai nantinya ke pemasaran", ujar Rini

"Basmallah Fish Farm komit akan melayani usaha masyarakat dalam hal budidaya ikan ini dari hulu sampai ke hilir. Artinya kami tidak akan meninggalkan masyarakat di tengah jalan," pungkas Rini. (Reynita)
 
Top